Pemilu 2014

Bahaya Menelan Air Kolam Renang

→ Dipublikasikan oleh Majalah Online Indonesia → Kamis, September 29, 2011
Bahaya Menelan Air Kolam RenangINFOPENTING.com - Tak ada yang lebih menggembirakan anak-anak selain puas bermain air di kolam renang. Berenang, menyelam atau sekedar bermain air sama serunya. Tapi hati-hati, jangan sampai air kolam tertelan.

Menelan air kolam renang ternyata menjadi salah satu penyebab merebaknya wabah penyakit di beberapa negara. Dalam laporan yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat, disebutkan bahwa telah terjadi 134 wabah penyakit yang ditularkan oleh mikroorganisme patogen yang berada dalam air.

Wabah yang terjadi antara tahun 2007-2008 itu dikaitkan dengan kolam renang dan kegiatan rekreasi air lainnya. Selain itu ditemukan 36 wabah penyakit yang dihubungkan dengan air minum.

Pada bulan Januari 2007 juga dilaporkan terjadi wabah penyakit yang berkaitan dengan kegiatan di kolam renang. Yang terbesar mungkin yang terjadi pada bulan Desember 2008 yang melanda 38 negara bagian dan Puerto Rico, menyebabkan sedikitnya 13.966 orang sakit.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan antara tahun 2005 sampai 2008 terjadi peningkatan penyakit yang disebabkan air yang tercemar sebesar 72 persen. Pencemaran air itu terjadi di kolam renang, sungai, danau & air laut.

Sekitar 45 persen wabah penyakit yang terjadi di tahun 2007-2008 disebabkan karena cryptosporidium, parasit yang terkenal kebal klorin. Sementara itu hasil analisa data nasional AS menemukan lebih dari 4.000 kasus penyakit dan cedera terjadi karena penggunaan bahan kimia di kolam renang publik atau pribadi.

Untuk mencegah infeksi penyakit ini, CDC memberikan saran pencegahan, yakni:
  • Hindari kegiatan berenang atau bermain air saat sedang menderita diare. Bakteri penyebab diare dengan mudah akan menyebar di air dan menularkannya kepada orang lain.
  • Ajarkan anak-anak untuk tidak menelan air kolam, sungai, danau atau air laut.
  • Mandilah dengan sabun sebelum masuk ke kolam renang dan cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet. Tindakan ini akan mencegah bakteri dalam tubuh larut ke dalam air kolam.
Selain karena air kolam, CDC juga menemukan banyak kasus penyakit perut akibat infeksi air minum. Kebanyakan kasus tersebut terjadi karena air minum yang berasal dari air tanah tidak mendapat pengolahan yang tepat.

Para ahli juga menemukan penularan bakteri, virus, parasit dan bahan kimia di air yang terminum. Sepertiga dari air minum yang menyebabkan wabah juga terinfeksi legionella, bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan berat.

Sumber: Kompas & HealthDay News
Info Pasang Iklan:
www.infopenting.com/2012/01/promo.html
Atau Hubungi: infopenting.com@gmail.com



Memuat...
Inikah Jalan Terindah di Dunia..? - infopenting.com (09/02/2014)
Ini 7 Profesi Sains Teraneh di Dunia - infopenting.com (08/12/2013)
Resep Untuk Menjadi PNS yg Baik - infopenting.com (04/03/2014)
Ada Emas di Setiap Smartphone - infopenting.com (28/01/2014)
Pemandangan Indah Langit Inggris - infopenting.com (03/03/2014)
Apa Benar PIN BBM Bisa Diganti? - infopenting.com (07/03/2014)
Pulau Ini Paling Cantik Saat Salju - infopenting.com (09/02/2014)