Seputar Mobil Bertransmisi Otomatis

→ Dipublikasikan oleh Majalah Online Indonesia → Minggu, Maret 20, 2011
INFOPENTING.com - Mobil bertransmisi otomatis semakin banyak dipilih oleh kalangan yang memerlukan kenyamanan dalam berkendara. Tapi bagi sebagian orang yang sebelumnya terbiasa menggunakan mobil bertransmisi manual dan ingin berpindah menggunakan mobil bertransmisi otomatis, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Informasi di bawah ini mungkin bisa menambah pengetahuan bagi siapa saja yang baru pertama kali ingin mengendarai mobil bertransmisi otomatis.

Mobil bertransmisi otomatis pada umumnya menggunakan simbol transmisi berikut:
P - R - N - D - 2 - 1 , berikut penjelasannya:

P (Parking)
Atau Parkir. Pastikan tuas transmisi berada pada posisi ini bila mobil dalam keadaan diam dalam waktu yang lama. Contohnya saat macet total. Secara mekanikal, jika tuas dalam posisi ini maka gigi transmisi akan mengunci. Pada beberapa mobil, untuk memindahkan tuas dari posisi P ke posisi lainnya, terdapat pin pengunci. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk menekan sebuah tombol yang ada pada tuas terlebih dahulu sebelum memindahkannya ke posisi yang lain. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas ke atau dari posisi ini.

R (Reverse)
Atau Mundur. Pastikan mobil benar-benar berhenti sebelum memindahkan tuas ke atau dari posisi ini. Jika ini diabaikan dapat berisiko menimbulkan kerusakan pada sistem transmisi. Pada beberapa mobil, terdapat piranti lain yang harus diangkat/ditekan terlebih dahulu, baru kemudian tuas dapat digerakkan. Jadi lebih baik kenali benar mobil Anda sebelum berkendara. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas ke atau dari posisi ini.

N (Neutral)
Atau Netral. Seperti pada transmisi manual, jika tuas berada pada posisi ini maka mesin tidak akan bereaksi atau idle ketika pedal gas diinjak. Posisi ini layak digunakan saat mobil tidak bergerak seperti ketika berada di lampu merah atau menunggu antrian. Untuk keamanan & kenyamanan, saat tuas dalam posisi N, gunakan pula parking-brake agar mobil tidak bergerak mundur. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas ke atau dari posisi ini.

D (Drive)
Atau Maju. Posisi ini digunakan untuk menggerakkan mobil (maju ke depan). Secara otomatis, transmisi akan melakukan perpindahan gigi sesuai dengan kecepatan dan jumlah percepatan yang dimiliki mobil. Biasanya dalam spesifikasi akan disebutkan A/T 4 percepatan. Artinya, mobil Anda memiliki gigi maju hingga 4. Usahakan untuk menekan gas secara lembut dan berjalan dengan konstan. Dan jika melakukan pengereman lakukan juga dengan lembut serta hindari melakukan pengereman mendadak. Hal ini akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas dari posisi P/R/N ke posisi ini atau sebaliknya.

2/S (Second)
Atau Gigi 2. Pada posisi ini, batas kecepatan maksimum hanya sampai 2. Fungsinya untuk berjalan pelan seperti pada kondisi jalan buruk atau menurun yang memerlukan gerak mobil perlahan. Akan lebih maksimal apabila posisi ini digunakan saat posisi jalan menurun. Efek pengereman akan terasa dalam situasi seperti ini. Bisa juga digunakan ketika jalan menanjak pada saat mobil dalam posisi bergerak atau mulai dari 0 km/jam. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas dari posisi P/R/N ke posisi ini atau sebaliknya. Untuk memindahkan tuas dari posisi 2/S ke posisi D dapat dilakukan tanpa menginjak rem terlebih dahulu.

1/L (Low)
Atau Gigi 1. Cocok digunakan pada kondisi jalan tanjakan atau turunan curam (start mulai dari 0 km/jam). Laju mobil akan tertahan dengan posisi ini karena adanya pengereman oleh mesin. Dan bahaya mobil berjalan liar pun dapat dihindari. Injak pedal rem terlebih dahulu jika ingin memindahkan tuas dari posisi P/R/N ke posisi ini atau sebaliknya. Untuk memindahkan tuas dari posisi 1/L ke posisi 2/S dan D dapat dilakukan tanpa menginjak rem terlebih dahulu.


Setelah memahami fungsi-fungsi dari posisi tuas transmisi otomatis di atas, berikut adalah langkah-langkah mengendarai mobil bertransmisi otomatis mulai dari saat pertama kali menyalakan mobil, menjalankan mobil hingga akhirnya mematikan mobil.

1. Cara Menyalakan/Menghidupkan Mobil Otomatis
Untuk menyalakan mobil otomatis pertama kali, mesin hanya bisa menyala jika tuas transmisi berada pada posisi P atau N.

2. Cara Menjalankan Mobil Otomatis
Untuk menjalankan mobil, terlebih dahulu injak & tahan pedal rem kemudian pindahkan atau geser tuas transmisi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, geser tuas menuju R (jika ingin mundur) atau D (jika ingin maju). Setelah tuas berada pada posisi yang diinginkan, lepaskan pedal rem yang Anda injak dibarengi dengan menonaktifkan parking-brake agar mobil dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada mobil yang transmisi otomatisnya dalam keadaan baik, pada saat idle (pedal gas tidak diinjak) dan tuas transmisi berada pada posisi D (Drive), mobil akan melaju dengan sendirinya. Itulah sebabnya sebagai pengaman, mesin tidak dapat dihidupkan jika pedal rem tidak diinjak.

Setelah melepas pedal rem dan menonaktifkan parking-brake, injak pedal gas dengan perlahan untuk menjalankan mobil. Hindari menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM.

Bila melewati jalan menanjak, geser tuas transmisi dari D ke posisi 2/S atau jika tanjakan lebih terjal, geser lagi ke posisi 1/L , sehingga mobil dapat menanjak dengan tenaga yang sesuai. Yang jelas, selalu gunakan feeling Anda dalam berkendara. Jika sudah terbiasa, maka Anda dapat dengan mudah menentukan posisi transmisi yang sesuai dengan kebutuhan pada saat di jalan.

3. Cara Parkir & Mematikan Mesin Mobil
Setelah sampai di tempat tujuan, pastikan mobil benar-benar dalam keadaan berhenti dengan menginjak pedal rem, dan selagi rem diinjak, geser tuas transmisi dari D ke posisi P lalu aktifkan parking-brake jika dibutuhkan. Pada saat ini kunci mobil sudah dapat dicabut. (Pada sebagian mobil, kunci belum bisa dicabut sebelum tuas transmisi berada pada posisi P)

-------

Tanya & Jawab
Seputar Transmisi Otomatis - www.infopenting.com

Apa kelebihan mobil bertransmisi otomatis jika dibandingkan dengan manual?
Pada umumnya, mobil bertransmisi otomatis ditujukan kepada siapa saja yang sangat mementingkan kenyamanan dalam berkendara (bukan berarti mobil manual tidak nyaman), mobil bertransmisi otomatis lebih nyaman & mudah digunakan pada saat-saat tertentu seperti berkendara pada jalanan yang macet, antrian yang panjang, dll.

Lalu apa kelebihan mobil bertransmisi manual?
Umumnya, mobil bertransmisi manual lebih ditujukan untuk kalangan yang sangat mementingkan kepuasan dalam berkendara, atau orang yang menyukai kecepatan, percepatan, dll. (juga bukan berarti mobil otomatis tidak bisa berlari lebih cepat atau tidak dapat memberikan kepuasan), yang jelas, manual atau otomatis itu sangat berpengaruh pada karakter mengemudi.

Kaki mana yang harus saya gunakan untuk mengendarai mobil otomatis?
Kaki kanan.

Bagaimana dengan nasib kaki kiri saya?
Saat ini, ada mobil yang meletakkan posisi parking-brake (yang biasanya berada di dekat tuas transmisi) menjadi berada pada posisi kopling/close seperti pada mobil bertransmisi manual. Contoh: Honda Freed. Jika seperti itu, maka kaki kiri Anda dapat digunakan untuk mengaktifkan parking-brake. Selebihnya, kaki kiri Anda silakan menganggur atau silakan posisikan kaki kiri Anda di tempat pijakan kaki (foot rest).

Mengapa harus menggunakan kaki kanan?
Hal ini dikarenakan kaki kanan lebih 'berperasaan' jika dibandingkan dengan kaki kiri pada umumnya. Terlebih lagi jika orang yang ingin mengendarai mobil bertransmisi otomatis tersebut sebelumnya sudah terbiasa mengendarai mobil bertransmisi manual.

Bagaimana jika saya gunakan kaki kanan untuk pedal gas & kaki kiri untuk pedal rem?
Hal ini dapat berisiko disebabkan adanya kemungkinan menginjak pedal gas dan rem pada saat bersamaan, kopling dalam kondisi berputar tetapi daya geraknya ditahan (hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada transmisi). Oleh karena itu, selalu gunakan kaki kanan untuk pedal gas & rem.

Dimana letak tuas transmisi pada mobil otomatis?
Sama letaknya seperti pada mobil manual, yakni disebelah kiri Anda.

Apa saja variasi simbol posisi transmisi pada mobil bertransmisi otomatis?
Dikarenakan beberapa pabrikan mobil memiliki standard yang berbeda. Pada beberapa mobil bertransmisi otomatis, terdapat beberapa variasi seperti berikut:
(urutan kiri ke kanan pada tulisan = urutan atas ke bawah pada transmisi)
  • P - R - N - D , atau
  • P - R - N - D - 2 - 1 , atau
  • P - R - N - D - 3 - 2 - 1 , atau
  • P - R - N - D - S - L , atau
  • P - R - N - D - S - 1 , atau
  • P - R - N - 3D - 2 - L , dll. 

Namun pada intinya, fungsi utama dari variasi transmisi otomatis tetaplah sama, yakni fungsi berhenti, maju dan mundur. Untuk keamanan dan kenyamanan, sebaiknya kenalilah transmisi mobil Anda dengan baik sebelum dikendarai. Selamat berotomatis!

Sarda Eka
Pengelola infopenting.com
Majalah Online Indonesia

Artikel ini dapat ditemukan dengan menggunakan keyword:  Mobil otomatis, Cara membawa mobil matic, Cara membawa mobil otomatis, Mobil bertransmisi otomatis, Automatic transmission, Tips dan trik berkendara mobil otomatis, Cara mengendarai mobil A/T, Cara mengendarai mobil bertransmisi otomatis, Cara belajar mobil otomatis, panduan mobil otomatis, tutorial berkendara mobil otomatis, Cara nyetir mobil matic, Cara bawa mobil matic, Cara bawa mobil automatic, Panduan mobil matic, Cara mengemudi mobil otomatis, Belajar kemudi otomatis.
Info Pasang Iklan:
www.infopenting.com/2012/01/promo.html
Atau Hubungi: infopenting.com@gmail.com



Memuat...
Indonesia Kecam Serangan Israel - infopenting.com (10/07/2014)
Ini Rahasia di Dunia Penerbangan - infopenting.com (02/04/2014)
Kafein Bisa Pertajam Daya Ingat? - infopenting.com (14/01/2014)
Smartphone Bisa Dirakit Sendiri? - infopenting.com (02/03/2014)
Pemandangan Indah Langit Inggris - infopenting.com (03/03/2014)
Wanita Suka Pria yang Lebih Tua? - infopenting.com (20/02/2014)
Kesepian Lebih Bahaya dr Obesitas - infopenting.com (18/02/2014)
Indonesia U23 vs Cagliari
Rabu, 23 Juli, 21.30 WIB, MNCTV
Chelsea vs VFL Wolfsburg
Kamis, 24 Juli, 00.30 WIB, BEIN Sports 1
Olympiakos vs AC Milan
Jumat, 25 Juli, 06.30 WIB, Indosiar
Real Madrid vs Inter Milan
Minggu, 27 Juli, 02.30 WIB, Indosiar
Chelsea vs NK Olimpia
Minggu, 27 Juli, 22.10 WIB, BEIN Sports 1
AC Milan vs MANC. City
Senin, 28 Juli, 02.30 WIB, Indosiar
Liverpool vs Olympiakos
Senin, 28 Juli, 05.00 WIB, Indosiar